3 Cara Merawat Sekring Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Sekring
Image Source : dr-oto.com

Otosera - Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu tentang bagaimana cara merawat sekring agar tidak mudah rusak. Sekring merupakan salah stau komponen yang memiliki peran sangat penting dalam sistem kelistrikan pada motor.

Letak sekring ada pada bagian dalam motor. Adapun fungsi sekring yaitu sebagai pengaman pada saat terjadi hubungan arus pendek atau korsleting pada rangkaian listrik motor.

Pada umumnya, motor memiliki lebih dari 1 sekring. Karena fungsi sekring cukup penting, tentu Anda harus mengetahui apa penyebab sekring sering putus dan bagaimana cara merawatnya agar tidak mudah rusak.

3 Cara Merawat Sekring Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Sekring
Image Source : hsrwheel.com

Salah satu tanda sekring putus yaitu tidak berfungsinya sistem kelistrikan pada motor. Untuk mencegahnya agar tidak mudah rusak dan dapat berfungsi dengan baik, ada beberapa cara perawatan yang dapat dilakukan. Dan berikut adalah 3 cara merawat sekring agar tidak mudah rusak.

1. Jangan Pernah Melakukan Modifikasi yang Belebihan

Cara Merawat Sekring
Image Source : gridoto.com

Cara merawat sekring pertama yang bisa dilakukan yaitu jangan pernah melakukan modifikasi yang berlebihan. Modifikasi memang masih menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh pecinta motor.

Namun ketahuilah bahwa hal tersebut dapat membahayakan motor. Mengapa demikian? Karena spesifikasi sekring standar pabrikan sudah dihitung secara cermat oleh produsen motor dan telah disesuaikan dengan spesifikasi kabel serta arus listrik yang mengalir pada komponen-komponen motor.

Salah satu dampak yang akan ditimbulkan jika menggunakan sekring di luar standar pabrikan yaitu risiko terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting hingga mengakibatkan kebakaran karena sekring tidak akan memutuskan arus listrik yang telah ada.

2. Hindari dari Gigitan Hewan

Cara Merawat Sekring
Image Source : kompas.com

Apabila motor Anda disimpan di luar rumah, maka ada kemungkinan besar akan digigit oleh hewan seperti tikus. Hal tersebut tentu akan menyebabkan korsleting serta dapat mengganggu fungsi kelistrikan pada motor.

Dalam beberapa kasus, bahkan ada motor yang sampai tidak bisa dinyalakan. Maka dari itu, hindarilah meletakkan motor pada tempat-tempat yang berpotensi menyebabkan kabel digigit oleh hewan seperti tikus.

3. Lakukan Pengecekan Secara Rutin ke Bengkel Resmi

Cara Merawat Sekring
Image Source : gridoto.com

Dan cara merawat sekring terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan secara rutin ke bengkel resmi.

Jika Anda merasa abnormal dalam kelistrikan motor seperti lampu yang tidak menyala atau motor susah untuk dihidupkan, segeralah bawa ke bengkel resmi.

Pengecekan yang dilakukan secara berkala tentu akan membuat kondisi sekring dapat terjaga dengan baik. Karena jika sekring terbukti mengalami kerusakan, bisa langsung diganti dengan yang baru untuk menghindari dampak yang lebih serius.

Itulah 3 cara merawat sekring yang mungkin bisa Anda lakukan. Dengan melakukan perawatan sekring secara berkala, mudah-mudahan motor Anda akan jarang mengalami kerusakan.

Posting Komentar untuk "3 Cara Merawat Sekring Agar Tidak Mudah Rusak"