Honda Dikabarkan Akan Merilis Motor Listrik di Indonesia Tahun Ini, Yamaha Apa Kabar?

Motor Listrik
Image Source : matabanua.co.id

Otosera - Tahun ini, Honda dipastikan akan merilis motor listrik di Indonesia. Melihat hal tersebut, Yamaha masih mempelajari motor listrik yang dibutuhkan di Indonesia.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hingga saat ini sudah menyebarkan Yamaha E01 untuk kebutuhan Proof of Concept (PoC).

Nantinya, data yang berhasil diambil dari Yamaha E01 akan digunakan sebagai masukan kendaraan listrik motor yang akan dijual oleh pabrikan Yamaha di Indonesia.

Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro telah menjelaskan bahwa pihaknya masih ingin mengejar target hingga 4.000 orang terlebih dahulu untuk menjajal E01.

Hingga saat ini, jumlahnya masih 40% dari total 4.000 unit yang ditargetkan. Itu artinya masih sekitar 1.600 orang yang menjajal kendaraan listrik motor tersebut.

Motor Listrik yang Akan Dirilis Honda

Motor Listrik
Image Source : bisnis.com

PT Astra Honda Motor (AHM) dijadwalkan akan merilis dua motor listrik tahun ini. Motor listrik tersebut nantinya juga akan dirakit di Indonesia.

Honda rencananya akan merilis EM1 e dan Honda Mobile Power Pack e dengan sistem penukaran baterai sebelum akhir tahun 2023.

Nantinya ada tiga wilayah yang akan menjadi lokasi peluncuran pertama untuk series EM1 e, salah satu lokasinya ada di Indonesia.

Melalui pengumuman Honda yang akan lebih dulu meluncurkan motor listrik tampaknya tak membuat Yamaha mengakselerasi untuk rencana penjualan kendaraan listrik motor di Indonesia.

"Itu kan strateginya mereka (Honda). Kalau kita state dengan apa yang sudah kita sampaikan. Kita fasenya adalah uji coba. Bukan langsung memproduksi dan menjual. Karena kita nggak mau sekadar menjual. Kalau menjual doang gampang, kita dari 2021 sudah punya EV, sekadar memproduksi gampang, tapi apa yang kita jual sesuai dengan kebutuhan konsumen, belum tentu. Makanya E01 PoC ini benar-benar kita butuhkan untuk menjual produk atau nanti bisa menyediakan dengan kebutuhan konsumen," kata Anton.

Yamaha Telah Menjual Motor Listrik

Motor Listrik
Image Source : sukoharjonews.com

Yamaha sebenarnya telah menjual motor listrik di Asia Tenggara, contohnya saja seperti motor listrik Yamaha Neo yang sudah resmi meluncur di Vietnam dengan harga sekitar Rp 32,8 juta.

Tidak hanya itu saja, Yamaha pun telah membawa motor tersebut ke Indonesia. Namun untuk statusnya hanya sebatas keperluan pameran dan tes pada area tertutup saja.

Anton pun lantas mejelaskan bahwa saat ini fokus perusahaannya hanya untuk mencapai target PoC Yamaha EO1 saja. Karena belum tentu juga Yamaha E01 akan menjadi produk massal yang akan dijual nantinya.

"Belum tentu, bisa saja yang dijual nanti bukan E01, karena market Indonesia mungkin tidak butuh yang seperti itu. Butuhnya yang lain. Makanya hasil dari masukan mereka itu sekarang yang kita gali, dan itu penting untuk pengembangan produk," kata Anton kembali.

Posting Komentar untuk "Honda Dikabarkan Akan Merilis Motor Listrik di Indonesia Tahun Ini, Yamaha Apa Kabar?"