Inilah yang Menyebabkan Marc Marquez Terjatuh di Sirkuit Mugello Italia

Marc Marquez
Image Source : 100kpj.com

Otosera - Marc Marquez kembali gagal sampai ke garis finish pada seri lanjutan MotoGP 2023. Kali ini, Marc Marquez harus menyudahi balapan lebih awal akibat mengalami kecelakaan low side di tikungan ke-15 lap keenam di sirkuit Mugello, Italia.

Marc Marquez sebelumnya berada pada posisi keempat dan sempat melebar ke posisi kelima. Dirinya terlihat tengah mendekati Luca Martini. Namun Marquez tergelincir ke gravel saat akan menikung posisi keempat.

Penyebab Marc Marquez Terjatuh

Marc Marquez
Image Source : sportstars.id

Saat terjatuh di gravel, Marquez tampak menunjukkan gestur kesal karena dirinya menduga bahwa motor Honda yang dinaikinya untuk balapanlah yang menyebabkan dirinya terjatuh.

Marquez juga mengatakan bahwa balapannya sudah terhambat sesaat sebelum race dimulai. Ban belakang ternyata menjadi biang kerok yang harus diselesaikan hingga saat ini.

Menurut Marquez, ban bagian belakang motor sangat memperlambat dirinya untuk menaikkan gigi. Bahkan, kondisi tersebut sudah terjadi sejak hari Sabtu dan semakin membuat Marquez kesal pada saat akan memulai race karena masalah tersebut belum juga dapat diatasi.

Terkait dengan jatuhnya Marc Marquez, pebalap MotoGP asal Spanyol tersebut mengaku sempat mengalami guncangan yang besar. Dirinya pun menyebut sudah mengalami roda terkunci sejak berada di tikungan 10 pada lap pertama.

"Itu saya hampir jatuh. Dan saya tidak memahaminya. Mirip dengan (kecelakaan di) Portimao (kecelakaan yang menyeret Miguel Oliveira)," kata Marquez.

Setelah itu, rem motor kembali terkunci lagi. Hal ini tentu membuat Marquez melebar dari posisi keempat. Namun sayangnya, Marquez melebar di luar racing line yang cukup kotor hingga membuat dirinya kehilangan traksi pada ban bagian depan.

"Saya melebar dan ketika saya melebar ada kesalahan saya bahwa saya berada di tempat yang kotor. Dan saya tidak lebih miring dari biasanya, tetapi lintasannya lebih kotor karena saya keluar dari garis balap dan kemudian saya kehilangan (grip) bagian depan," jelas Marquez.

Marc Marquez juga tampak sangat kesal dengan motor Honda RC213V yang dinaikinya pada saat balapan. Dirinya mengatakan motornya tidak membaik. Padahal, sirkuit Mugello di Italia menurut Marquez terasa cukup nyaman.

"Tapi di sepanjang musim, kami sangat kesulitan di zona pengereman. Itu terjadi di lap pertama saya khawatir ketika roda depan terkunci di tikungan 10. Setelah itu di lap keenam, kejadian serupa terjadi lagi jadi saya keluar lagi. Saya berusaha mengendalikan situasi itu, tapi saya kehilangan kontrol di ban depan. Tentu itu kesalahan saya," pungkas Marquez.

Posting Komentar untuk "Inilah yang Menyebabkan Marc Marquez Terjatuh di Sirkuit Mugello Italia"