Jangan Tunggu Sampai Mogok! Inilah Waktu Ganti Aki Mobil yang Ideal

Waktu Ganti Aki Mobil
Image Source : tribunnews.com

Otosera - Mungkin banyak dari Anda yang bertanya tentang kapan waktu ganti aki mobil yang ideal. Sejatinya, waktu ganti aki mobil harus dilakukan sebelum mobil mogok.

Aki mobil merupakan salah satu komponen vital yang memiliki peran sangat penting. Dilansir dari berbagai sumber, banyak hal yang dapat memengaruhi usia daya tahan aki mobil.

Salah satu hal yang memengaruhi yaitu intensitas dari penggunaan mobil itu sendiri. Semakin sering mobil digunakan dan dengan jarak tempuh yang jauh, maka daya tahan aki mobil akan sangat berpengaruh.

Menurut Auto2000, pengaruh cuaca serta lokasi penyimpanan mobil pun memiliki peranan dalam masa pakai aki mobil. Pola perawatan pun tentunya sangat perlu untuk diperhatikan.

"Namun hal ini bisa berbeda antara satu mobil dengan mobil lainnya, Mesin yang berjalan di bawah kap mesin sudah menghasilkan panas tingkat tinggi. Ditambah mobil yang dipakai dalam kondisi cuaca panas terik, semakin tinggi ujian aki tersebut," tulis Auto2000.

Pada umumnya, aki mobil dapat bertahan dalam kurun waktu 2 hingga 5 tahun. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar pemilik mobil dapat memperpanjang usia pakai aki mobil hingga lebih dari 5 tahun.

Waktu Ganti Aki Mobil yang Ideal dan Tips Merawatnya Agar Awet

Waktu Ganti Aki Mobil
Image Source : mitsubishi-motors.co.id

Cara yang paling efektif untuk membuat aki mobil awet yaitu dengan rutin memanaskan mobil. Karena meskipun mobil tidak digunakan, namun memanaskan mobil harus senantiasa rutin untuk dilakukan.

"Minimal dua hari sekali Anda perlu memanaskan mesinnya. Hal ini supaya komponen aki tetap berfungsi normal (untuk) menghindari masalah aki yang tidak bisa menyala kembali," tulis Auto2000 kembali.

Selain rajin memanaskannya, pastikan juga kondisi aki mobil selalu terikat dengan baik dengan klemnya. Hal ini dilakukan agar mobil tidak mengalami korsleting.

Lakukalahn pengecekan secara berkala ke bengkel servis, khususnya pada bagian yang berpotensi mengalami korosi.

Pemilik mobil pun harus selalu membangun kebiasaan dengan memastikan seluruh perangkat elektronik dan aksesoris mobil sudah nonaktif sebelum meninggalkan mobil dalam waktu yang lama.

"Anda juga tak boleh lupa mematikan lampu-lampu sebelum meninggalkan mobil. Menyalakan lampu depan dan lampu pintu mobil secara tidak sengaja dapat menyebabkan aki mobil kehilangan daya secara cepat," ujar Auto2000.

Lebih lanjut, waktu ganti aki mobil yang ideal dapat dilakukan jika daya tahannya sudah mulai melemah. Dalam kondisi aki mobil yang mulai melemah, biasanya mobil sangat rentan mogok. Inilah waktu ganti aki mobil yang ideal untuk dilakukan, yaitu pada saat daya tahannya sudah mulai meleamah.

Maka dari itu, jangan menunggu sampai mobil mogok baru aki mobil harus diganti. Ketika peforma mobil sudah berkurang, segera bawa mobil ke bengkel servis. Jika perlu untuk dilakukan pergantian aki, maka segera ganti agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah lagi.

Posting Komentar untuk "Jangan Tunggu Sampai Mogok! Inilah Waktu Ganti Aki Mobil yang Ideal"