Nggak Perlu Bikin Baru, Beginilah Cara Perpanjang SIM Mati dengan Mudah

Cara Perpanjang SIM
Image Source : bfi.co.id

OtoseraMungkin banyak dari Anda semua yang saat ini sedang mencari cara perpanjang SIM mati.

Cara perpanjang SIM mati ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan.

Karena SIM yang telah habis masa berlakunya ternyata dapat diperpanjang tanpa harus buat baru.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Untuk SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 28-29 Juni 2023, maka pemilik SIM dapat melakukan perpanjangan pada tanggal 30 Juni 2023.

Hal ini seperti yang telah disampaikan oleh TMC Polda Metro Jaya.

"Pelayanan penerbitan SIM dibuka kembali pada hari Jumat, tanggal 30 Juni 2023. Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 28-29 Juni 2023, dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada hari Jumat tanggal 30 Juni 2023," tulis informasi dalam akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

Jika tidak ingin repot, maka Anda bisa melakukan perpanjangan sebelum masa berlakuknya habis.

Namun perlu diingat, jika pemilik SIM ingin melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya habis, maka masa berlaku selama lima tahun ke depan juga akan ikut dimajukan sesuai dengan tanggal perpanjangannya.

Cara Perpanjang SIM Mengikuti Tanggal Pembuatannya

Cara Perpanjang SIM
Image Source : moladin.com

Karena sejak tahun 2019, penetapan masa berlaku SIM tidak lagi mengikuti tanggal lahir, melainkan mengikuti tanggal pembuatannya.

Misalkan saja Anda lahir pada tanggal 28 Juni dan ingin melakukan perpanjangan SIM pada tanggal 25 Juni 2023, maka SIM akan berlaku hingga tanggal 25 Juni 2023.

Ketetapan tersebut juga telah tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi pasal 4.

"SIM Ranmor perseorangan dan SIM ranmor umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a dan huruf b, berlaku selama lima tahun terhitung mulai tanggal penerbitan dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya," begitulah bunyi aturannya.

Jadi, cara perpanjang SIM ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan. Selain mudah, Anda tidak perlu lagi membuat SIM baru jika SIM yang lama telah mati.

Posting Komentar untuk "Nggak Perlu Bikin Baru, Beginilah Cara Perpanjang SIM Mati dengan Mudah"