Tips Merawat Motor Agar Tidak Mengeluarkan Suara Bising

Tips Merawat Motor
Image Source : autoexpose.org

Otosera - Ada banyak sekali tips merawat motor yang bisa dilakukan, salah satunya adalah tips merawat motor agar tidak mengeluarkan suara bising.

Sebagian dari Anda tentunya akan merasa sangat risih jika motor yang sehari-harinya digunakan untuk beraktivitas mengeluarkan suara yang tidak wajar.

5 Tips Merawat Motor Agar Tidak Mengeluarkan Suara Bising

Tips Merawat Motor
Image Source : inews.id

Motor mengeluarkan suara bising tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama mungkin bisa disebabkan oleh mesin.

Agar tidak mengeluarkan dampak yang jauh lebih parah, ada baiknya agar Anda segera melakukan pengecekan. Untuk itu, berikut adalah 5 tips merawat motor agar tidak mengeluarkan suara bising.

1. Perawatan Bodi Motor

Tips Merawat Motor
Image Source : astramotor.co.id

Tips pertama yaitu perawatan bodi motor. Gaya berkendara tentunya sangat penting untuk dipertimbangkan, seperti mengurangi kecepatan pada saat melintasi jalan rusak dan berlubang.

Lakukanlah pengecekan secara rutin minimal sebulan sekali terhadap baut-baut pengikat body motor.

Hanya dengan menggunakan alat berupa obeng plus dan kunci L saja, Anda sudah bisa mengencangkan sendiri baut yang dirasa kurang rapat dan terlalu kendur.

2. Perawatan Kaki-Kaki

Tips Merawat Motor
Image Source : grid.id

Pada bagian kaki-kaki biasanya sering menimbulkan bunyi seperti shockbreaker, bearing, dan karet mounting. Maka dari itu, bagian komponen ini harus selalu dilakukan perawatan.

Saat melewati jalanan yang tidak rata, alangkah sebaiknya agar Anda menurunkan kecepatan agar guncangan yang terjadi tidak terlalu berdampak buruk pada bagian shockbreaker.

3. Sistem Pengereman

Tips Merawat Motor
Image Source : moladin.com

Tips merawat motor agar tidak mengeluarkan suara bising selanjutnya yaitu perawatan pada sistem pengereman. Karena suara bising pada motor sering ditimbulkan dari komponen pengereman, terutama pada bagian kampas rem.

Kampas rem merupakan komponen yang secara periodik harus diganti sesuai dengan umur pemakaian yang telah dianjurkan oleh pabrikan.

Apabila kampas rem sudah aus, maka akan menimbulkan gesekan yang tidak wajar hingga mengeluarkan suara berisik yang akan merusak kenyamanan pada saat berkendara.

4. Rantai/CVT

Tips Merawat Motor
Image Source : moladin.com

Rantai/CVT merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke bagian roda yang ada di belakang.

Bagian ini tentunya harus dilakukan perawatan secara rutin agar motor tidak mengeluarkan suara bising. Apabila rantai dirasa kurang pelumasan, maka segera berikan pelumas rantai khusus agar suara bising pada motor tidak terjadi.

5. Mesin

Tips Merawat Motor
Image Source : moladin.com

Mesin merupakan bagian pada motor yang sangat penting. Suara bising pada motor dapat ditimbulkan oleh berbagai jenis komponen yang bergerak di dalam mesin.

Komponen pada mesin tentunya harus dirawat secara rutin, contohnya saja seperti mengganti oli dan melakukan perawatan secara rutin serta menghindari modifikasi bagian pada mesin.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar motor tidak mengeluarkan suara bisisng. Suara bising pada motor tentunya akan mengurangi kenyamanan pada saat berkendara. Maka dari itu, selalu lakukan perawatan yang rutin agar suara bising pada motor tidak terjadi.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Motor Agar Tidak Mengeluarkan Suara Bising"