Wajib Tahu, Inilah Sparepart Mobil yang Harus Diganti Secara Berkala

Sparepart Mobil
Image Source : momobil.id

Otosera - Sparepart mobil tentunya bukan menjadi hal yang asing lagi bagi orang-orang yang memiliki kendaraan roda empat dan menjadi hal yang harus senantiasa untuk diperhatikan.

Sparepart merupakan sebuah barang yang terdiri dari sejumlah komponen yang ada dalam sebuah kesatuan. Barang-barang tersebut memiliki fungsi-fungsi tertentu.

Setiap sparepart memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Ada juga sparepart yang memiliki sistem kerja yang berkaitan erat dengan sparepart yang lainnya.

Ada baiknya agar setiap pemilik kendaraan mengetahui berbagai jenis sparepart yang umum digunakan dan harus diganti secara berkala.

8 Sparepart Mobil yang Harus Diganti Secara Berkala

Sparepart Mobil
Image Source : gardoto.com

Ada beberapa sparepart mobil yang tentunya harus diganti secara berkala. Dan berikut adalah beberapa daftarnya!

1. Filter Oli

Filter oli memiliki fungsi untuk menyaring seluruh kotoran yang berasal dari oli. Sehingga, separepart mobil yang satu ini harus rutin dilakukan penggantian.

Filter oli setidaknya harus diganti setiap kali akan melakukan penggantian oli mesin kendaraan. Jadi, saat akan mengganti oli, Anda juga harus mengganti filter olinya sekaligus.

2. Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar memiliki fungsi untuk membersihkan minyak yang akan mengalir ke bagian mesin. Sangat penting tentunya untuk memastikan sparepart ini berada dalam kondisi yang baik.

Lakukanlah pemeriksaan secara rutin pada bagian ini. Karena biasanya filter bahan bakar perlu untuk diganti sekali dalam waktu beberapa tahun.

3. Filter Udara

Filter udara memiliki fungsi untuk mencegah kotoran dari udara yang masuk ke dalam mesin. Filter udara biasanya dapat bertahan hingga 50 km jarak tempuh dan perlu dilakukan penggantian setiap 3-4 tahun sekali.

4. Filter Udara Kabin

Filter udara kabin memiliki fungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam blower AC. Apabila berada dalam kondisi yang kotor, maka komponen ini akan mengakibatkan AC mobil jadi berisik.

Sparepart mobil yang satu ini harus dibersihkan secara rutin dan dilakukan penggantian setiap beberapa tahun sekali tergantung dari kondisi kebersihan kabin mobil.

5. Busi

Dapat dikatakan, busi termasuk ke dalam sparepart mobil yang sangat penting dalam proses pembakaran. Sehingga sangat perlu untuk dilakukan pengecekan secara berkala.

Daya tahan busi mobil biasanya dapat ditentukan dari bahan bakunya. Busi yang terbuat dari bahan baja ataupun alumunium biasanya harus diganti setelah beberapa tahun pemakaian.

6. Baterai

Sparepart mobil selanjutnya yang harus diganti secara rutin yaitu baterai. Kemampuan kinerja kerja baterai dan daya tahannya biasanya dipengaruhi oleh penggunaan dan perawatannya.

Pada umumnya, aki mobil dapat digunakan dalam kurun waktu 4-5 tahun. Selain penggantian, perawatan aki mobil juga harus dilakukan secara berkala.

7. Ban

Ban biasanya dapat bertahan dalam kurun waktu 5-7 tahun. Namun tolak ukur waktu tersebut dapat berubah tergantung dari beberapa faktor, seperti: area jalan yang sering ditempuh, cara dalam berkendara, jenis ban yang digunakan, dan yang lain sebagainya.

Jika Anda ingin ban mobil tetap awet, lakukanlah perawatan secara tepat dan lakukan pergantian jika kualitasnya sudah mulai menurun.

8. Wiper Kaca

Dan sparepart mobil yang harus diganti secara rutin yang terakhir yaitu wiper kaca. Wiper kaca memang sering sekali kehilangan elastisitasnya meskipun terbuat dari bahan karet.

Jika sudah kehilangan elastisitasnya, wiper kaca tidak dapat bekerja dengan baik. Komponen ini dapat bertahan dalam kurun waktu 4 tahun. Namun jika kondisinya sudah mulai menurun segeralah lakukan pergantian.

Itulah 8 separepart mobil yang harus diganti secara berkala. Jika Anda ingin kendaraan yang Anda miliki dapat bertahan dalam waktu cukup lama dan jarang terjadi kerusakan, ada baiknya agar Anda senantiasa melakukan pengecekan kendaraan secara berkala di bengkel servis terdekat agar jika ada sparepart yang bermasalah bisa langsung diganti.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu, Inilah Sparepart Mobil yang Harus Diganti Secara Berkala"