WSBK Bakal Dicoret, Sirkuit Mandalika Tetap Akan Gelar MotoGP

Sirkuit Mandalika
Image Source : detik.com

Otosera - Sirkuit Mandalika dikabarkan bakal mencoret penyelenggaraan World Superbike (WSBK) dan tetap akan digunakan untuk pagelaran ajang balapan MotoGP pada bulan Oktober mendatang.

Hal ini karena penyelenggaraan WSBK di Sirkuit Mandalika ternyata merugikan. Maka dari itu, Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata InJourney yang menaungi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan memberhentikan penyelenggaraan WSBK di Sirkuit Mandalika.

Meskipun termasuk ke dalam kategori balapan motor kelas dunia, namun nyatanya World Superbike (WSBK) dinilai tidak terlalu menarik.

Tidak hanya itu saja, minimnya sponsor yang masuk juga menjadi salah satu faktor pemberhentian World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Dony Oskaria selaku Direktur Utama InJourney pun belum menjelaskan lebih detail mengenai waktu penyetopan WSBK tersebut. Karena WSBK terakhir digelar di Sirkuit Mandalika pada bulan Maret 2023 yang lalu.

"Tapi yang WSBK ini menunjukkan kerugian. Sehingga apa yang kami lakukan, yang kami lakukan adalah renegosiasi menghilangkan WSBK ini. Sehingga nanti WSBK-nya akan turun, hilangkan sehingga tidak akan muncul biaya WSBK karena itu eventnya tidak menarik juga secara sponsorship. Ini berdampak pada penurunan Rp 100 miliar kerugian kita," kata Dony Oskaria.

Sirkuit Mandalika Juga Digunakan untuk MotoGP

Sirkuit Mandalika
Image Source : suara.com

Tidak hanya untuk WSBK saja, namun Sirkuit Mandalika juga digunakan untuk MotoGP. Dony Oskaria pun menyatakan bahwa MotoGP juga tidak terlepas dari keruguian.

Kerugian tersebut masih bisa diatasi karena masih banyak sponsor yang masuk. Meskipun demikian, belum ada penjelasan secara detail mengenai nasib penyelenggaraan MotoGP di tahun-tahun yang akan datang. Namun untuk tahun ini masih akan berjalan.

Dilihat dari laman resmi MotoGP, Mandalika International Street Circuit akan digelar tepat pada 15 Oktober 2023. Tahun 2023 merupakan tahun kedua Mandalika International Street Circuit masuk ke dalam kalender tahunan MotoGP.

Jika penyelenggaraan sebelumnya dilakukan pada bulan Februari, maka untuk penyelenggaraan yang kedua ini dilakukan pada bulan Oktober.

"Yang kedua kita melihat lagi, MotoGP ini berapa negatifnya dari sponsorship juga dari stream feenya. Itu kita sudah hitung, kita punya gap sekitar Rp 50 miliar. ini yang sedang kita carikan sponsorhip sehingga menutup gap ini," pungkas Dony Oskaria.

Posting Komentar untuk "WSBK Bakal Dicoret, Sirkuit Mandalika Tetap Akan Gelar MotoGP"