Jangan Salah, Ternyata Biaya Bikin SIM Baru Cuma Segini

Biaya Bikin SIM
Image Source : carmudi.co.id

Otosera - Mungkin banyak dari Anda semua yang belum mengetahui tentang biaya bikin SIM baru. Biaya bikin SIM baru ternyata cuma segini. Yuk simak ulasannya!

Di luar tes kesehatan dan psikologi, biaya bikin SIM paling mahal yakni hanya sebesar Rp.120.000,- saja. Namun tetap saja ada orang-orang yang mengeluh karena nyatanya biaya bikin SIM baru bisa lebih dari itu.

Sejatinya, biaya pembuatan SIM telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku dalam instansi Polri.

Dalam aturan tersebut telah dijelaskan bahwa untuk biaya pembuatan SIM paling mahal hanya sebesar Rp.120.000,- saja untuk golongan SIM A, BI, dan BII. Sementara untuk SIM C hanya sebesar Rp.100.000,-

Namun di luaran sana, ada banyak orang yang mengeluhkan biaya SIM lebih dari nominal yang telah ditetapkan dalam peraturan.

Brigjen Pol Yusri Yunus selaku Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri pun telah menyatakan bahwa untuk biaya pembuatan SIM di Indonesia tidak lebih dari Rp.120.000,-

Biaya tersebut tentunya belum termasuk ke dalam biaya untuk tes kesehatan dan tes psikologi.

"Ada yang menanyakan sampai menyurat ke Kompolnas bikin SIM Rp 250 ribu, saya tanyakan kepada yang menyurat bayar apa saja. SIM (Rp) 100 (ribu), kesehatan (Rp) 75 (ribu), psikologi (Rp) 75 (ribu), syarat membuat SIM adalah pertama harus punya surat keterangan dokter, dokternya kita ubah dokter umum boleh, bukan cuma di kepolisian. Syarat psikologi kejiwaannya juga, dulu dua-duanya ada di kantor satpas sekarang saya suruh keluar karena bukan mekanisme pembayaran bukan ke kami," ujar Yusri dalam konferensi pers.

Yusri pun kembali menegaskan jika ada biaya yang dikenakan di luar tarif yang telah ditentukan, maka bisa segera melapor.

Daftar Lengkap Biaya Bikin SIM Baru

Biaya Bikin SIM
Image Source : primaradio.co.id

  • Penerbitan SIM A : Rp.120.000,-
  • Penerbitan SIM B I : Rp.120.000,-
  • Penerbitan SIM B II : Rp.120.000,-
  • Penerbitan SIM C : Rp.100.000,-
  • Penerbitan SIM C I : Rp.100.000,-
  • Penerbitan SIM C II : Rp.100.000,-
  • Penerbitan SIM D : Rp.50.000,-
  • Penerbitan SIM D I : Rp.50.000,-

"Yang di polisi cuma Rp 100 ribu, dokter (Rp) 75 (ribu), bayar ini (Rp) 75 (ribu) itu bukan mekanisme kami. Termasuk sekolah mengemudi bukan polisi. Makanya kita sedang mengatur, tapi persyaratannya harus ada surat keterangan dokter, ini yang saya bilang. Kami SIM C Rp 100 ribu itu bayar ke kas negara untuk kami, kalau ada yang Rp 250 ribu laporkan itu kalau polisi yang terima," pungkas Yusri.

Posting Komentar untuk "Jangan Salah, Ternyata Biaya Bikin SIM Baru Cuma Segini"