Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Inilah Penyebab Ban Motor Benjol

Penyebab Ban Motor Benjol
Ilustrasi Foto Ban Motor Benjol

Otosera - Mungkin banyak dari Anda semua yang belum mengetahui apa penyebab ban motor benjol. Ban motor benjol tentunya sering membuat banyak pengguna sepeda motor merasa risih dan merasa tidak nyaman pada saat berkendara.

Tidak hanya itu saja, jika dibiarkan dengan begitu saja, tentu hal tersebut dapat membahayakan keselataman. Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa penyebab ban motor benjol.

Penyebab Ban Motor Benjol

Penyebab Ban Motor Benjol
Ilustrasi Foto Ban Motor Benjol

Joni Tanto selaku Ahli Teknik PT Industri Karet Deli yang juga memasarkan ban merek Delium, Deli Tire, dan Swallow mengatakan bahwa penyebab ban motor benjol yaitu karena adanya kerusakan pada konstruksi ban, lebih tepatnya pada susunan benang atau carcass.

Tidak hanya itu saja, ban benjol juga sering terjadi karena tekanan udaranya yang tidak pas, menabrak benda keras seperti batu, trotoar, ataupun lubang jalan.

Benturan keras tersebut akan mengakibatkan dinding ban menekuk, terjepit antara pelek dan permukaan jalan secara tiba-tiba, lalu kemudian membuat anyaman benang pada dinding ban menjadi putus.

"Ini kita namakan separation. Jadi di ban ini ada dua; benang, baru karet. Nah biasanya (ban) benjol itu di posisi itu. Jadi benang itu bergeser dan ada celah," kata Joni Tanto.

Tonjolan yang ada di bagian dinding ban pada umumnya tidak akan langsung muncul karena masih kekurangan tekanan udara.

Namun pada saat tekanan udara ban ditambah, secara otomatis udara akan mengisi rongga bekas benang yang patah dan muncul benjol di bagian dinding ban.

"Jadi ketika diisi angin dan panas itu menyebabkan benjol," kata Joni Tanto kembali.

Penyebab ban motor benjol juga bisa disebabkan karena membawa barang atau muatan secara berlebihan. Hal tersebut tentunya harus dapat dihindari.

Pada bagian dinding ban motor biasanya terdapat informasi berupa ukuran maksimal kapasitas muatan yang dapat dibawa.

"Sebenarnya yang menyebabkan kompon dengan benang itu dari pemakaian kita sendiri. Tapi kalau beban yang kita bawa sesuai maka akan aman," ujar Joni Tanto.

Joni Tanto juga mengatakan bawah faktor penyebab ban benjol tidak semata-mata hanya karena permukaan jalan yang rusak saja.

Tips Menghindari Ban Motor Benjol

Penyebab Ban Motor Benjol
Ilustrasi Foto Ban Motor Benjol

Salah satu tips yang dapat dilakukan untuk menghindari ban motor benjol yakni dengan tetap menjaga tekanan pada ban.

"Ya kalau untuk pabrikan sih enggak berharap itu terjadi sebenarnya. Kalau tipsnya, angin sih sebenarnya. Kontrol anginnya saja," pungkas Joni Tanto.

Posting Komentar untuk "Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Inilah Penyebab Ban Motor Benjol"