Beginilah 4 Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat

Mesin Mobil Overheat
Ilustrasi Foto Mesin Mobil Overheat

Otosera - Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mesin mobil overheat. Terlebih pada saat musim kemarau, mesin mobil sering sekali overheat.

4 Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat

Maka dari itu, sebagai langkah untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut 4 cara mencegah mesin mobil overheat yang bisa dilakukan.

1. Ganti Oli Secara Teratur

Cara pertama yaitu dengan mengganti oli secara teratur. Oli memiliki fungsi sebagai pelumas antar komponen mesin yang saling bergesekan serta mengurangi risiko aus agar mesin dapat terus bergerak secara optimal pada saat digunakan.

Tidak hanya itu saja, oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin dari panas yang ditimbulkan akibat gesekan antar komponen.

Panas yang diserap nantinya akan diteruskan oleh oli ke bagian dinding blok mesin dan kemudian ditransfer ke radiator coolant/pendinginan.

Dengan penjelasan singkat tersebut, tentunya terlihat betapa pentingnya oli pada mesin kendaraan. Pastikan Anda selalu mengganti oli secara rutin agar mesin mobil tidak overheat.

2. Periksa Radiator Mesin

Radiator mesin memiliki fungsi untuk menjaga suhu kerja mesin. Melalui radiator, cairan radiator akan bersirkulasi lewat blok mesin guna melepaskan panas yang tercipta.

Dalam sistem kerjanya, ada berbagai macam komponen yang memiliki peran penting, seperti kipas pendingin radiator, radiator, tabung cadangan cairan radiator, thermostat, sambungan, selang, dan radiator coolant.

Seluruh komponen tersebut akan saling membantu untuk memastikan suhu kerja mesin tetap berada pada level yang ideal sehingga tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Jika terlalu dingin, maka mesin akan boros dan tidak bertenaga. Sementara jika terlalu panas, komponen mesin bisa rusak hingga menyebabkan kendaraan menjadi mogok.

Oleh karena itu, pastikanlah radiator coolant tidak habis dan tetap dapat bersirkulasi dengan baik guna melepaskan panas mesin kendaraan.

3. Pastikan Kabin Mobil Tetap Nyaman

Cara mencegah mesin mobil overheat selanjutnya yaitu dengan memastikan kabin mobil tetap nyaman. Misalnya saja seperti sistem AC mobil yang harus bekerja dengan baik agar suhu kabin selalu sejuk.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus selalu memeriksa kondisi filter kabin agar evaporator tidak mudah kotor dan gagal saat membuat dingin udara pada kabin.

Jangan lupa juga untuk membersihkan kondensor yang ada di depan ruang mesin dari berbagai jenis kotoran karena hal ini dapat menghambat pelepasan panas freon.

4  Waspada Terhadap Debu

Dan cara mencegah mesin mobil overheat yang terakhir yaitu waspada terhadap debu. Banyak orang tidak sadar bahwa ternyata debu dapat menyusup serta mengganggu kinerja komponen mekanis.

Misalnya saja seperti masuk ke dalam tabung shock absorber, sambungan komponen kemudi, serta mengganggu sistem kerja sensor-sensor yang berada di tempat terbuka.

Jika saluran sudah bocor, tentunya debu akan masuk serta merusak formula kimia cairan mobil. Oleh karena itu, senantiasalah untuk membersihkan bagian mobil ketika sudah berdebu.

Itulah 4 cara mencegah mesin mobil overheat yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Beginilah 4 Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat"