Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Bisa Mencegah Pencurian Sepeda Motor?

Kunci Setang
Ilustrasi Foto Kunci Setang Motor ke Kanan

Otosera - Banyak orang mengatakan bahwa kunci setang motor ke kanan bisa mencegah pencurian sepeda motor. Benarkah demikian?

Pencurian sepeda motor belakangan ini memang banyak terjadi. Modus yang sering dilakukan oleh para pelaku umumnya dengan cara membobol kunci kontak menggunakan kunci T.

Namun, ada yang mengatakan bahwa maling akan kesulitan untuk mencuri motor yang di kunci setang ke kanan.

Kunci Setang ke Arah Kanan Bisa Mencegah Pencurian Sepeda Motor

Pada umumnya, motor yang diparkir sering di kunci setang ke kiri. Meskipun sebenarnya bisa juga di kunci setang kanan.

Namun orang-orang lebih banyak yang mengunci setang motor mereka ke arah kiri. Padahal jika mereka tahu, mengunci setang motor ke arah kanan bisa menghindari tindak pencurian sepeda motor.

Hal ini karena saat di kunci setang ke arah kanan, maka secara otomatis lubang kunci akan tertutup dengan setang. Karena lubang kunci sepeda motor pada umumnya terletak di sebelah kanan.

Dengan cara ini, nantinya para pencuri akan kesulitan saat akan membobol kunci kontak. Kalaupun bisa, kemungkinannya kecil dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Alhasil, para pencuri akan berpikir ulang untuk mencuri motor yang dikunci setang ke arah kanan. Mereka akan lebih dominan untuk mencuri motor yang di kunci setang ke arah kiri karena jauh lebih mudah untuk dibobol.

Cara seperti ini sebenarnya hanya akan bekerja pada motor-motor dengan rumah kontak di bawah headlamp atau setang seperti pada motor-motor matic atau bebek.

Sementara untuk motor-motor sport yang rumah kontaknya berada di atas setang motor, maka tetap sama saja situasinya jika motor di kunci setang ke arah kiri ataupun ke kanan.

"Untuk motor matic atau cub (bebek) itu posisi kuncinya di bawah setang (sebelah kanan), sehingga saat dikunci posisi ke kanan, menutup keleluasaan orang untuk mencungkil bagian kuncinya," kata Endro Sutarno selaku People & Technical Development Si TEPAT.

"Jadi waktunya lebih lama (untuk membobol kunci) dibandingkan saat ia mengunci setang ke kiri," kata Endro Sutarno kembali.

Para Pelaku Curanmor Akan Membatalkan Niatnya untuk Mencuri

Karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat membobol rumah kunci, maka para pelaku curanmor biasanya akan membatalkan niatnya untuk mencuri.

Meskipun demikian, untuk saat ini memang tidak terlalu penting terhadap arah saat akan mengunci setang motor.

Karena untuk motor-motor keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan sistem keyless.

"Di motor motor sekarang sudah banyak yang menggunakan keyless dan alarm anti maling, jadi sudah sangat aman," pungkas Endro Sutarno.

Disamping itu, agar motor bisa jauh lebih aman, jangan hanya mengandalkan kunci setang saja. Namun Anda juga harus menggunakan kunci ganda, misalnya saja dengan menggembok area piringan cakram atau rantai jika Anda menggunakan motor bebek.

Posting Komentar untuk "Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Bisa Mencegah Pencurian Sepeda Motor?"