Cara Mengurus STNK Hilang Beserta dengan Syarat dan Biayanya

Cara Mengurus STNK Hilang
Ilustrasi Foto Cara Mengurus STNK Hilang

Otosera - Mungkin banyak dari Anda semua yang belum mengetahui bagaimana cara mengurus STNK hilang. Cara mengurus STNK hilang ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan.

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan sebuah tanda legalitas terhadap suatu kendaraan. Sama halnya seperti BPKB, STNK juga termasuk ke dalam jenis dokumen yang sangat penting.

Karena termasuk penting, tentu STNK tidak boleh sampai hilang. Karena kalau sampai hilang, tentu Anda harus segera mengurusnya kembali.

Cara Mengurus STNK Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang
Ilustrasi Foto Cara Mengurus STNK Hilang

Nah, bagi Anda semua yang belum tahu bagaimana cara mengurus STNK hilang, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

1. Datang ke Kantor Samsat

Langkah pertama yaitu datang ke Kantor Samsat terdekat dengan membawa berbagai dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen yang diperlukan yakni sebagai berikut!

  • KTP Asli dan Fotokopi
  • BPBK Asli dan Fotokopi
  • Lampiran Surat Keterangan Kehilangan dari Polsek yang Asli dan Fotokopi
  • Rekomendasi Satuan Lalu Lintas (Satlantas)
  • Surat Pernyataan Bermeterai
  • Bukti Pemasangan Iklan STNK Hilang di Media

Berdasarkan dokumen Standar Pelayanan Pendaftaran Kendaraan Bermotor STNK Rusak atau Hilang yang telah ditetapkan dalam peraturan No. SK : 973/241/2022, yang dimuat pada laman SIPPN Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, untuk dapat melakukan pengurusan STNK yang hilang, pelapor diwajibkan untuk melampirkan Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian dan bukti iklan yang dipasang di media.

Sebagai catatan tambahan, pelapor juga wajib melampirkan surat kuasa bermeterai dan fotokopi KTP yang diberi kuasa (bagi yang diwakilkan).

2. Melakukan Pendaftaran

Jika langkah awal sudah dilakukan, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Form pendaftaran dapat langsung diambil di loket pendaftaran.

3. Cek Fisik Kendaraan

Cek fisik kendaraan merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan pada saat pengurusan STNK yang hilang. Pada umumnya, proses ini akan dibantu secara langsung oleh petugas Samsat. Jika proses cek fisik kendaraan telah selesai, maka Anda bisa fotokopi hasil cek fisiknya.

4. Memverifikasi

Langkah selanjutnya yaitu menyerahkan persyaratan kepada petugas untuk kemudian diperiksa keabsahan dokumen yang ingin diajukan.

Setelah itu, petugas akan melakukan perekaman data pada sistem.

5. Penetapan dan Pengesahan

Langkah selanjutnya yaitu penetapan dan pengesahan. Dalam hal ini mencakup penetapan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ), serta Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) jika ada.

6. Pembayaran

Pada langkah ini, Anda harus melakukan pembayaran setelah seluruh dokumen persyaratan berhasil diverifikasi oleh petugas.

7. Pengambilan STNK

Jika pembayaran SKKP dan PNBP telah berhasil, maka STNK bisa langsung dicetak dan bisa segera diambil.

Biaya Mengurus STNK yang Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang
Ilustrasi Foto Cara Mengurus STNK Hilang

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), berikut rincian lengkap mengenai besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus STNK yang hilang.

  • Kendaraan Bermotor Roda 2 atau Tiga : Rp.100.000,-/Penerbitan
  • Kendaraan Bermotor Roda 4 atau Lebih : Rp.200.000,-/Penerbitan

Itulah sekilas ulasan tentang cara mengurus STNK hilang beserta dengan syarat dan biayanya. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Mengurus STNK Hilang Beserta dengan Syarat dan Biayanya"