Catat! Inilah Waktu yang Tepat untuk Ganti Kampas Rem Mobil

Kampas Rem Mobil
Ilustrasi Foto Kampas Rem Mobil

Otosera - Kampas rem mobil tentunya harus diganti secara berkala. Karena pengereman merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan.

Meskipun hanya terdiri dari beberapa part, namun tetap saja Anda harus melakukan pengecekan secara rutin. Jika ternyata ada bagian yang harus diganti, maka gantilah dengan segera.

Cara Mengetahui Kampas Rem Mobil Harus Diganti

Kampas Rem Mobil
Ilustrasi Foto Kampas Rem Mobil

Dilansir dari Auto2000, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi kampas rem mobil. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menginjakkan pedal rem pada saat mobil digunakan.

"Penanda kampas rem sudah mulai tipis adalah dirasakan oleh pengemudi, jika saat melakukan pengereman dan pedal rem terasa lebih dalam dari biasanya maka itu sudah jadi penanda," kata Dani Muhammad Sidik selaku Kepala bengkel Auto2000 Indramayu.

Tidak hanya itu saja, jika kampas rem sudah waktunya untuk diganti, ciri-ciri yang dapat ditandai yaitu jarak pengereman akan semakin jauh daripada sebelumnya.

Indikator lain yang dapat digunakan untuk mengetahui waktu penanda penggantian kampas rem mobil yang tepat yaitu saat ketebalan kampas rem depan sudah sekitar 3 mm dan kampas rem belakang 2 mm.

"Khusus bagian rem depan bisa dilihat secara langsung tanpa dibongkar. Ketebalan kampas rem yang dalam kondisi baru adalah sekitar 9 mm. Untuk kampas rem bagian belakang harus dibongkar untuk dapat mengetahui ketebalannya. Berbeda dengan bagian depan," kata Dani kembali.

"Ketebalan kampas rem bagian belakang dalam kondisi baru adalah 6 mm dan jika sudah tinggal 2 mm disarankan untuk melakukan penggantian," lanjutnya.

Jarak Tempuh Menjadi Indikator Penggantian Kampas Rem Mobil

Kampas Rem Mobil
Ilustrasi Foto Kampas Rem Mobil

Selain itu, jarak tempuh mobil juga tidak terlepas dari indikator penggantian kampas rem mobil. Seperti yang dilansir dari laman Toyota Astra, rekomendasi penggantian kampas rem mobil dapat dilakukan jika mobil telah menempuh jarak 60.000 hingga 70.000 km untuk mobil dengan transmisi manual.

Sementara untuk mobil dengan transmisi otomatis, sangat disarankan untuk melakukan penggantian kampas rem setelah menempuh jarak 35.000 hingga 40.000 km.

"Mobil transmisi otomatis lebih cepat diganti karena lebih minim gejala engine brake, sehingga pemakaian rem lebih sering," tulis Toyota Astra.

Itulah sekilas ulasan tentang waktu yang tepat untuk ganti kampas rem mobil. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Catat! Inilah Waktu yang Tepat untuk Ganti Kampas Rem Mobil"