Inilah 4 Tanda Komstir Motor Mulai Rusak

Komstir Motor
Ilustrasi Foto Komstir Motor

Otosera - Komstir motor merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting pada sepeda motor. Karena tidak hanya memberikan kenyamanan saja, komstir motor juga akan menunjang keselamatan pada saat berkendara.

Maka dari itu, sudah sepantasnya agar Anda selalu merawat komstir motor dengan sebaik mungkin. Karena seiring dengan pemakaiannya, komstir bisa mengalami kerusakan yang pada akhirnya harus diganti.

Meskipun tidak memberikan pengaruh lebih terhadap peforma mesin, Anda juga tidak boleh menganggapnya sepele. Karena komstir memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kenyamanan pada saat berkendara, terutama di jalan raya.

Banyak orang tidak terlalu peduli dengan komstir. Padahal, jika tidak diperbaiki dengan segera akan menimbulkan masalah yang sangat besar.

4 Tanda Komstir Motor Mulai Rusak

Setiap sparepart sepeda motor yang rusak, pada umumnya akan menimbulkan gejala, termasuk juga dengan komstir.

Untuk itu, berikut 4 tanda yang dapat dikenali untuk mengetahui komstir motor mulai rusak.

1. Munculnya Getaran Pada Setang Motor

Tanda yang pertama yaitu munculnya getaran pada setang motor. Getaran tersebut biasanya dapat dirasakan saat kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi.

Getaran ini timbul akibat adanya perbedaan pada roda. Apalagi jika getaran terasa begitu kencang, tentunya dapat membuat motor menjadi kurang stabil.

2. Motor Sulit untuk Dikendalikan

Tanda yang selanjutnya yaitu motor sulit untuk dikendalikan. Dalam beberapa kasus, banyak pengendara yang merasa kesulitan saat melewati belokan yang ada di jalan raya.

Salah satu alasannya karena setang terasa sangat berat sehingga motor akan susah untuk dibelokkan.

Jika hal ini mulai Anda rasakan, bisa jadi ini tanda kalau komstir motor mulai mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu saja, handling motor biasanya juga akan terasa kaku sehingga dapat menyulitkan para pengendara untuk melakukan manuver di tengah jalan yang macet.

3. Adanya Bunyi Kasar

Selain kedua tanda di atas, tanda selanjutnya yaitu adanya bunyi kasar. Bunyi kasar tersebut seperti "Glutuk" yang ada di bagian setang.

Bunyi tersebut dapat terdengar saat Anda melakukan pengereman, terutama pada saat menggunakan rem depan.

Bunyi kasar tersebut juga akan terdengar saat Anda melibas jalanan yang kurang rata dan bergelombang. Hal ini disebabkan karena sejumlah peranti sudah mulai aus dan kendor.

4. Akurasi Pengereman Mulai Berkurang

Dan tanda yang terakhir yaitu akurasi pengereman mulai berkurang. Dalam kasus besar, rem akan terasa seperti blong. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada bagian komstir.

Komstir yang rusak akan menyebabkan adanya gap atau jarak pada saat melakukan pengereman, umumnya terjadi saat Anda menggunakan rem depan.

Hal ini tentunya sangat membahayakan keselamatan pada saat berkendara. Maka dari itu, Anda harus senantiasa memperhatikan komstir.

Jika sudah mengenali tanda-tandanya, segeralah periksakan ke tempat servis dan lakukan penggantian jika perlu.

Itulah 4 tanda komstir motor mulai rusak yang dapat dikenali. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Tanda Komstir Motor Mulai Rusak"