Jangan Salah, Biaya Uji Emisi Mobil dan Motor Ternyata Cuma Segini

Uji Emisi
Ilustrasi Foto Uji Emisi

Otosera - Untuk kendaraan mobil dan motor yang sudah berusia di atas tiga tahun, uji emisi merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan.

Terlebih untuk kendaraan yang ada di Jakarta. Kendaraan yang beroperasi di Jakarta sangat diwajibkan untuk malakukan uji emisi. Hal ini seperti yang telah diberitahukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Meskipun demikian, perlu diketahui juga bahwa uji emisi hanya diwajibkan untuk kendaraan yang batas usianya sudah lebih dari tiga tahun.

Ini juga sudah tercantum dalam Peraturan Gubernur No 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Dan berikut bunyi aturannya.

"Sasaran uji emisi gas buang kendaraan bermotor meliputi:

a. Mobil penumpang perseorangan, dan

b. sepeda motor,

yang beroperasi di jalan di wilayah Provinsi DKI Jakarta,"

Sementara untuk lokasi uji emisi telah tersedia di berbagai tempat. Salah satunya di bengkel resmi pabrikan kendaraan dan kios khusus yang menyelenggarakan uji emisi.

Biaya Uji Emisi

Biayanya pun dapat dikatakan berbeda-beda, tergantung tempat dilakukannya pengujian, contohnya saja di salah satu kios yang ada di wilayah Jakarta Timur, biayanya sebesar Rp 100 ribu untuk mobil bensin.

Untuk motor tarifnya jauh lebih murah, yakni hanya sebesar Rp 50 ribu. Sementara jika pengujian dilakukan di bengkel resmi seperti Auto2000 secara mandiri dikenakan biaya sebesar Rp 162 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk PPN dan cetak sertifikat.

Namun jika uji emisi dilakukan bersamaan dengan servis berkala, maka pemilik kendaraan tidak akan dikenakan biaya. Ini hanya berlaku jika dilakukan di bengkel servis resmi Auto2000.

Pengujian emisi kendaraan tentunya sangat wajib untuk dilakukan. Karena jika tidak, kendaraan bisa di tilang jika tidak lulus emisi.

Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Polda Mero Jaya akan melakukan uji coba tilang emisi di sejumlah titik. Ada lima titik yang menjadi lokasi untuk uji coba tersebut. Lima titik tersebut tersebar di beberapa wilayah yang ada di Selatan dan Utara. Untuk detail lokasinya sebagai berikut!

  • Jalan Perintis Kemerdekaan (Jakarta Timur).
  • Jalan RE Marthadinata (Jakarta Utara).
  • Taman Anggrek (Jakarta Barat).
  • Terminal Blok M (Jakarta Selatan).
  • Jalan Asia Afrika (Jakarta Pusat).

Pada masa uji coba, pengendara yang belum melakukan pengujian emisi tidak akan dikenakan denda tilang dan hanya diberikan peringatan saja.

Maka dari itu, jika kendaraan Anda belum dilakukan pengujian, segera lakukan pengujian emisi untuk menghindari denda tilang di masa yang akan datang.

Posting Komentar untuk "Jangan Salah, Biaya Uji Emisi Mobil dan Motor Ternyata Cuma Segini"