4 Tips Beli Mobil Bekas, Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Tips Beli Mobil Bekas
Ilustrasi Foto Tips Beli Mobil Bekas

Otosera - Mungkin banyak dari Anda semua yang saat ini sedang mancari tips beli mobil bekas. Tips beli mobil bekas merupakan salah satu hal yang harus senantiasa untuk diperhatikan.

Karena bagi sebagian orang, membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan sesuai dengan dana yang dimiliki.

Meskipun demikian, membeli mobil bekas juga memiliki risiko tersendiri. Jika tidak teliti pada saat membelinya, tentu Anda akan mendapatkan kerugian.

4 Tips Beli Mobil Bekas yang Harus Diketahui

Sebelum membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan matang, mulai dari tipe dan juga riwayat mobil yang akan dibeli.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan asuransi mobil jika diperlukan guna memberikan perlindungan pada mobil dari berbagai jenis ancaman dan risiko yang akan terjadi.

Jika Anda sedang memiliki keinginan untuk membeli mobil bekas, berikut 4 tips beli mobil bekas yang harus diketahui agar tidak rugi.

1. Tentukan Anggaran yang Tersedia dan Lakukan Riset Secara Menyeluruh

Tips beli mobil bekas yang pertama yaitu dengan menentukan anggaran yang tersedia dan lakukan riset secara menyeluruh.

Dana yang Anda miliki tentunya akan sangat menentukan bagaimana jenis dan tipe mobil yang akan Anda dapatkan.

Tidak hanya itu saja, lakukan juga riset secara mendalam, mulai dari asuransi, bahan bakar, biaya perawatan, serta biaya yang mungkin diperlukan.

Dengan melakukan riset secara menyeluruh, nantinya Anda bisa mengetahui berapa anggaran maksimal yang harus Anda siapkan untuk membeli mobil bekas.

2. Lakukan Inspeksi dan Test Drive

Tips beli mobil bekas yang selanjutnya yaitu dengan melakukan inspeksi dan test drive. Melalui hal ini, nantinya Anda bisa mengetahui tanda-tanda kerusakan, karat, cat yang berbeda, serta tanda-tanda kerusakan lainnya akibat kecelakaan.

Pada saat melakukan pemeriksaan, bukalah kap mobil dan periksa pada bagian mesin, selang, sabuk, serta level cairan.

Jika inspeksi pada mobil sudah dilakukan, selanjutnya lakukan test drive. Dengan melakukan test drive, nantinya Anda bisa menilai bagaimana kenyamanan serta kinerja dari mobil tersebut.

Saat melakukan sesi test drive, perhatikanlah suara, getaran, serta handling pada mobil. Pastikan juga rem dan setir masih berfungsi dengan baik.

3. Lihat Riwayat dan Harga Mobil

Jika keputusan Anda untuk membeli mobil bekas sudah bulat, coba lihat laporan riwayat mobil dari pemilik atau agen yang menjual mobil bekas tersebut.

Tanyakan apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Tanyakan juga status hak milik mobil serta catatan perawatan mobil.

Berdasarkan data riwayat tersebut, nantinya Anda bisa mengetahui mengenai perubahan harga mobil tersebut jika ingin dijual kembali.

Karena tidak hanya dapat menghemat biaya saja, namun perawatan mobil yang rutin akan memberikan keuntungan jika mobil tersebut ingin dijual kembali.

4. Berikanlah Perlindungan Terbaik untuk Mobil yang Akan Dibeli

Dan tips beli mobil bekas yang terakhir yaitu dengan memberikan perlindungan terbaik untuk mobil yang akan dibeli.

Misalnya saja dengan memberikan asuransi mobil terbaik. Asuransi tampaknya tidak hanya penting untuk mobil baru saja, melainkan juga penting untuk mobil bekas.

Dengan memberikan asuransi mobil terbaik, nantinya mobil Anda bisa terbebas dari berbagai macam risiko seperti kecelakaan, kehilangan, dan hal tidak terduga yang lainnya.

Itulah 4 tips beli mobil bekas yang harus diketahui dan diterapkan pada saat akan membeli mobil bekas.

Kualitas mobil bekas tentunya tidak sebagus mobil baru. Maka dari itu, Anda harus melakukan banyak pertimbangan pada saat akan membeli mobil bekas.

Posting Komentar untuk "4 Tips Beli Mobil Bekas, Jangan Tergiur dengan Harga Murah"