Sirkuit Mandalika: Permata Baru Dunia Balap Motor

Otosera - Sirkuit Mandalika adalah sirkuit balap motor yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 kilometer dan 17 tikungan. Sirkuit Mandalika resmi dibuka pada tanggal 12 November 2021 dan menjadi sirkuit ke-19 yang menjadi tuan rumah ajang MotoGP.

image source : kompas.com

Sirkuit Mandalika dibangun dengan konsep yang unik, yaitu perpaduan antara sirkuit jalanan dan sirkuit permanen. Hal ini membuat sirkuit Mandalika memiliki karakteristik yang berbeda dari sirkuit-sirkuit MotoGP lainnya.

Sirkuit Mandalika memiliki banyak tikungan yang tajam, sehingga menuntut skill dan ketangkasan pembalap. Selain itu, sirkuit Mandalika juga memiliki beberapa tikungan yang sangat cepat, sehingga memungkinkan pembalap untuk mencapai kecepatan yang tinggi.

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu sirkuit MotoGP yang paling dinantikan oleh para penggemar. Hal ini karena sirkuit Mandalika memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Sirkuit ini terletak di dekat pantai, sehingga para penonton dapat menikmati pemandangan laut yang indah saat menyaksikan balapan.

image source : liputan6.com

Sirkuit Mandalika juga menjadi salah satu sirkuit MotoGP yang paling ikonik. Hal ini karena sirkuit ini memiliki tikungan yang bernama "The Mandalika". Tikungan ini merupakan tikungan terakhir di sirkuit Mandalika dan memiliki gradien yang sangat curam.

Pada tahun 2022, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia untuk pertama kalinya. Balapan ini berlangsung pada tanggal 20 Maret 2022 dan dimenangkan oleh pembalap Ducati, Enea Bastianini.

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi tuan rumah ajang balap motor internasional. Sirkuit ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru bagi Indonesia dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika:

  • Sirkuit Mandalika adalah sirkuit MotoGP pertama yang dibangun di Indonesia.
  • Sirkuit Mandalika dibangun dengan anggaran sebesar Rp5,5 triliun.
  • Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas penonton hingga 195.700 orang.
  • Sirkuit Mandalika dirancang oleh MRK1 Consulting dan Dromo Studio.

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu proyek strategis nasional yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya di bidang pariwisata dan olahraga.

Posting Komentar untuk "Sirkuit Mandalika: Permata Baru Dunia Balap Motor"