Tips Dan Cara Merawat Mobil Tua Agar Terus Awet Dan Kinclong

Mobil tua memiliki perawatan yang berbeda dengan mobil baru. Mobil tua memiliki komponen-komponen yang sudah mulai aus dan perlu dirawat lebih intensif. Berikut adalah beberapa tips cara merawat mobil tua agar awet:

image source : travel kompas

  • Lakukan servis rutin

Servis rutin adalah hal yang paling penting untuk menjaga kondisi mobil tua. Saat servis rutin, mobil akan diperiksa oleh teknisi yang berpengalaman. Teknisi akan memeriksa kondisi mesin, transmisi, suspensi, rem, dan komponen-komponen lainnya. Servis rutin juga akan meliputi penggantian oli, filter oli, filter udara, dan filter bahan bakar.

  • Ganti oli secara berkala

Oli berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin. Oli yang kotor atau sudah tidak layak pakai dapat menyebabkan komponen mesin cepat aus. Oleh karena itu, ganti oli secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  • Periksa kondisi ban

Ban adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi keselamatan berkendara. Periksa kondisi ban secara berkala, termasuk tekanan angin, keausan, dan kondisi fisik ban. Ganti ban secara berkala jika sudah aus atau rusak.

  • Perhatikan kondisi sistem kelistrikan

Sistem kelistrikan juga perlu diperhatikan pada mobil tua. Periksa kondisi kabel-kabel, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya secara berkala. Perbaiki atau ganti komponen kelistrikan yang rusak.

  • Jaga kebersihan mobil

Cuci dan wax mobil secara rutin untuk menjaga tampilan mobil dan melindungi cat mobil dari kerusakan. Cuci mobil dengan menggunakan sabun khusus mobil dan air bersih. Wax mobil secara berkala untuk melindungi cat mobil dari sinar matahari dan kotoran.

Dengan merawat mobil tua dengan baik, Anda dapat memperpanjang usia pakai mobil dan menjaga performa mobil tetap optimal.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk merawat mobil tua agar awet:

  • Hindari membawa beban berat

Mobil tua memiliki kapasitas angkut yang terbatas. Oleh karena itu, hindari membawa beban berat yang melebihi kapasitas angkut mobil.

  • Jalankan mobil dengan kecepatan konstan

Melaju dengan kecepatan konstan akan membuat mobil lebih irit bahan bakar dan mesin lebih awet.

  • Hindari idling

Idling atau membiarkan mobil menyala tanpa bergerak dapat menyebabkan mesin cepat panas dan aus. Oleh karena itu, hindari idling terlalu lama.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merawat mobil tua Anda dengan baik dan menjaganya tetap awet.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Cara Merawat Mobil Tua Agar Terus Awet Dan Kinclong"