Tips Membeli Mobil Bekas Agar Bisa Awet

Otosera - Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan pribadi dengan budget terbatas. Namun, membeli mobil bekas juga memiliki risiko tersendiri. Jika tidak teliti, Anda bisa mendapatkan mobil yang kondisinya tidak prima dan mudah rusak. Berikut beberapa tips membeli mobil bekas agar bisa awet:

Imgsrc : Kompas Otomotif

1. Tentukan Kebutuhan dan Budget Anda

Sebelum memulai pencarian, tentukan terlebih dahulu kebutuhan dan budget Anda. Jenis mobil apa yang Anda inginkan? Berapa budget yang Anda siapkan? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempit pilihan dan menghindari pembelian impulsif.

2. Lakukan Riset

Setelah menentukan kebutuhan dan budget, lakukan riset tentang mobil yang Anda incar. Baca review online, bandingkan harga, dan pelajari tentang masalah umum yang sering terjadi pada model tersebut.

3. Periksa Kondisi Mobil Secara Menyeluruh

Saat melihat mobil yang Anda minati, lakukan pemeriksaan menyeluruh baik di bagian eksterior, interior, mesin, dan kaki-kaki. Pastikan tidak ada kerusakan yang parah atau bekas kecelakaan.

4. Test Drive

Sebelum membeli, ajaklah test drive mobil untuk merasakan performa dan handlingnya. Perhatikan apakah ada suara-suara aneh atau getaran yang tidak normal.

5. Periksa Histori Servis

Mintalah bukti servis dari pemilik sebelumnya untuk mengetahui riwayat perawatan mobil. Ini akan membantu Anda menilai bagaimana mobil tersebut dirawat sebelumnya.

6. Periksa Dokumen Kendaraan

Pastikan semua dokumen kendaraan lengkap dan sah, seperti BPKB, STNK, dan faktur pembelian.

7. Negosiasi Harga

Setelah melakukan pemeriksaan dan yakin dengan kondisi mobil, lakukan negosiasi harga dengan pemilik. Gunakan informasi yang Anda dapatkan dari riset untuk mendapatkan harga yang wajar.

8. Beli di Tempat Terpercaya

Jika Anda membeli mobil bekas di showroom, pilihlah showroom yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Tips Merawat Mobil Bekas Agar Awet

  • Lakukan servis rutin di bengkel terpercaya.
  • Gunakan oli dan sparepart yang berkualitas.
  • Hindari kebiasaan mengemudi yang ugal-ugalan.
  • Parkir mobil di tempat yang teduh dan aman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan mobil bekas yang awet dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Mobil Bekas Agar Bisa Awet"