Aprilia RS660: Sang Monster Italia Penghancur Lintasan

Otosera - Aprilia terkenal dengan motor sport bertenaga dan berpenampilan agresif.  Aprilia RS660 tak terkecuali.  Motor ini  diracik khusus untuk pecinta kecepatan yang menginginkan performa tinggi di lintasan maupun di jalanan.  Mari kita simak lebih dekat mengapa Aprilia RS660  juluki sebagai "monster Italia" ini.

Imgsrc: Aprilia

Mesin Gahar dengan DNA Balap

Jantung dari Aprilia RS660 adalah mesin parallel-twin 660cc  yang mampu menyemburkan tenaga hingga 100 hp pada 10.500 rpm dan torsi 67 Nm pada 8.500 rpm.  Tenaga ini disalurkan melalui gearbox 6 percepatan yang halus dan presisi.  Dengan bobot kering hanya 166 kg (varian RS660 Extrema), Aprilia RS660 menawarkan performa power-to-weight ratio yang fantastis, membuatnya lincah dan berakselerasi cepat.  Tak heran jika motor ini disebut sebagai baby RSV4, motor balap Aprilia yang kerap berjaya di ajang World Superbike Championship.

Sasis Ringan dan Aerodinamis untuk Handling Terbaik

Aprilia RS660 dibangun dengan sasis aluminium twin-spar yang ringan dan kokoh.  Sasis ini dirancang untuk memberikan handling yang presisi dan stabil saat menikung di kecepatan tinggi.  Di bagian depan, terpasang suspensi upside-down 41mm yang bisa diatur tingkat kekerasannya,  menyesuaikan dengan kondisi jalan dan gaya berkendara.  Sementara suspensi belakang menggunakan monoshock yang dapat disesuaikan preload dan rebound-nya.

Aerodinamika juga tak luput dari perhatian.  Aprilia membekali RS660 dengan fairing yang didesain untuk membelah angin dengan efisien dan menghasilkan downforce yang memadai untuk menjaga kestabilan motor saat dipacu kencang.

Paket Elektronik Canggih untuk Kontrol Optimal

Aprilia RS660 dilengkapi dengan paket elektronik canggih yang  membantu pengendara  mengeluarkan performa terbaik dengan aman.  Beberapa fitur elektronik yang disematkan antara lain:

  • Aprilia Traction Control (ATC): Sistem kontrol traksi yang mencegah ban belakang kehilangan grip saat berakselerasi di permukaan licin.
  • Aprilia Wheelie Control (AWC): Sistem kontrol wheelie yang mencegah motor terangkat berlebihan saat berakselerasi.
  • Aprilia Quick Shift (AQS): Sistem perpindahan gigi cepat tanpa menarik tuas kopling, menjaga momentum dan kecepatan motor saat perpindahan gigi.
  • Ride-by-Wire throttle: Sistem throttle elektronik yang menyempurnakan respons mesin terhadap putaran gas.
  • ABS Bosch dua channel: Sistem pengereman ABS yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak untuk menjaga kontrol motor.

Aprilia RS660:  Bukan Hanya Sekedar Kencang

Aprilia RS660 tak hanya menawarkan performa buas.  Motor ini juga  didesain dengan memperhatikan kenyamanan  berkendara.  Posisi riding yang sporty namun tidak terlalu menunduk,  serta setang lebar  menawarkan kontrol yang baik dan mengurangi rasa lelah saat perjalanan jauh.

Aprilia RS660  cocok untuk

  • Pengendara yang mencari motor sport berperforma tinggi.
  • Penggemar balap yang ingin merasakan sensasi lintasan di jalanan.
  • Penyuka motor dengan desain agresif dan berkelas.

Namun perlu dicatat,  Aprilia RS660  bukan motor untuk pemula.  Tenaganya yang besar dan handling yang agresif  membutuhkan skill dan pengalaman berkendara yang baik.  Selain itu,  harga Aprilia RS660  di Indonesia tergolong premium.

Estimasi harga Aprilia RS660 di Indonesia  mulai dari Rp 140 jutaan hingga Rp 150 jutaan (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Posting Komentar untuk "Aprilia RS660: Sang Monster Italia Penghancur Lintasan"