KTM RC 390: Sang Predator Oranye Penakluk Lintasan

Otosera - Di jagat raya motor sport fairing, KTM RC 390 tampil sebagai pilihan menggoda bagi para pecinta kecepatan.  Pabrikan asal Austria ini membekali RC 390 dengan performa agresif, handling tajam, dan desain yang futuristik, menjadikannya primadona bagi mereka yang gemar melibas aspal dengan adrenalin terpacu.

Imgsrc: MUF Online Auto Show

Mesin Gahar dengan Karakter Overbore

Jantung pacu KTM RC 390 adalah mesin 1 silinder berpendingin cairan dengan kapasitas 373.2 cc.  Mengusung konsep overbore (diameter piston lebih besar daripada langkah piston), mesin ini  menyemburkan tenaga sebesar 43.5 hp pada 9000 rpm dan torsi 35 Nm pada 7250 rpm.  Meskipun hanya 1 silinder, tenaga yang dihasilkan RC 390  cukup buas untuk membuat adrenalin terpompa saat membuka gas lebar.  Karakter mesinnya  puncak di putaran atas,  ideal untuk dibawa melibas lintasan sirkuit.

Rangka Teralis Ringan dan Kokoh

KTM RC 390 menganut rangka teralis signature KTM yang terbuat dari bahan chromoly steel.  Rangka ini terkenal dengan  keseimbangan antara bobot ringan dan  kekuatan struktural yang tinggi.  Alhasil, handling motor menjadi lebih lincah dan stabil saat bermanuver atau menikung di kecepatan tinggi.  Suspensi depan menggunakan upside-down WP Apex 43mm yang bisa diatur tingkat kekerasannya,  sedangkan suspensi belakang menggunakan monoshock WP Apex yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Desain Futuristik dan Aerodinamis

KTM RC 390 tampil dengan desain yang agresif dan futuristik.  Lampu depan ganda yang sipit  menambah kesan tajam pada bagian wajah.  Fairing yang aerodinamis  tak hanya  menambah kesan sporty,  tetapi juga  berfungsi untuk meminimalisir hambatan angin dan  menghasilkan downforce yang  menjaga kestabilan motor saat dipacu kencang.

Fitur Modern untuk Performa Optimal

KTM RC 390  dibekali dengan fitur-fitur modern yang  membantu pengendara  mengeluarkan performa terbaik dengan aman.  Beberapa fitur yang patut dicatat antara lain:

  • Throttle by wire: Sistem kontrol gas elektronik yang menyempurnakan respons mesin terhadap putaran gas.
  • Cornering ABS (optional): Sistem pengereman ABS yang tetap memberikan feeling pengereman optimal saat motor sedang miring di tikungan.
  • Traction Control (optional): Sistem kontrol traksi yang mencegah ban belakang kehilangan grip saat berakselerasi di permukaan licin.
  • Shifter quickshift (optional): Sistem perpindahan gigi cepat tanpa menarik tuas kopling.
  • KTM RC 390:  Bukan Hanya untuk Lintasan

Meskipun DNA balapnya kental,  KTM RC 390  masih  nyaman untuk penggunaan harian.  Posisi ridingnya  tetap  mengutamakan handling namun tidak terlalu menunduk sehingga  tidak membuat pegal di pergelangan tangan.

KTM RC 390  cocok untuk

  • Pengendara yang mencari motor sport berperforma tinggi dengan handling tajam.
  • Penggemar balap yang ingin merasakan sensasi lintasan di jalanan.
  • Penyuka motor dengan desain yang sporty dan futuristik.

Namun perlu dicatat,  KTM RC 390  bukan motor untuk pemula.  Tenaganya yang besar dan handling yang agresif  membutuhkan skill dan pengalaman berkendara yang baik.  Selain itu,  posisi ridingnya yang sporty  dapat melelahkan untuk perjalanan jauh.

Estimasi harga KTM RC 390 di Indonesia  mulai dari Rp 104,9 Juta (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Posting Komentar untuk "KTM RC 390: Sang Predator Oranye Penakluk Lintasan"