Tanda-tanda Motor yang Ring Sehernya Rusak

Otosera - Ring seher merupakan komponen penting dalam mesin motor yang berfungsi untuk menjaga kompresi dan mencegah kebocoran oli dari ruang bakar. Jika ring seher rusak, performa motor akan menurun dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Berikut beberapa tanda-tanda motor yang ring sehernya rusak:

Imgsrc: Evalube

1. Asap Knalpot Berwarna Putih atau Biru Tebal

Asap knalpot berwarna putih atau biru tebal merupakan salah satu tanda paling umum dari ring seher yang rusak. Hal ini disebabkan oleh oli mesin yang bocor ke ruang bakar dan terbakar bersama dengan bensin. Semakin tebal asapnya, semakin parah kerusakan ring sehernya.

2. Tenaga Mesin Menurun

Ring seher yang rusak dapat menyebabkan kompresi mesin bocor, sehingga tenaga mesin menjadi berkurang. Motor terasa kurang bertenaga saat tarikan gas dibuka, terutama saat tanjakan atau membawa beban berat.

3. Oli Mesin Berkurang Cepat

Oli mesin yang bocor ke ruang bakar akibat ring seher yang rusak akan menyebabkan oli mesin berkurang lebih cepat dari biasanya. Periksa oli mesin secara berkala dan perhatikan jika oli mesin berkurang lebih cepat dari biasanya.

4. Suara Mesin Kasar

Ring seher yang aus atau patah dapat menyebabkan suara mesin kasar dan berisik. Suara ini biasanya terdengar saat mesin dalam keadaan dingin atau saat akselerasi.

5. Sulit Menyalakan Mesin

Kompresi mesin yang bocor akibat ring seher yang rusak dapat membuat mesin sulit dihidupkan, terutama saat mesin dingin.

6. Mesin Sering Mati Sendiri

Ring seher yang rusak dapat menyebabkan mesin mati sendiri saat idle atau saat akselerasi. Hal ini disebabkan oleh kompresi mesin yang tidak stabil.

Jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda di atas, sebaiknya segera bawa motor Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki. Semakin lama ring seher dibiarkan rusak, semakin parah kerusakan yang dapat terjadi pada mesin motor Anda.

Tips

  • Gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.
  • Lakukan servis motor secara rutin sesuai dengan anjuran pabrikan.
  • Hindari kebiasaan membebani motor secara berlebihan.
  • Perhatikan kondisi motor Anda dan segera bawa ke bengkel jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda kerusakan ring seher.
  • Dengan menjaga kondisi motor dan melakukan servis secara rutin, Anda dapat membantu mencegah kerusakan ring seher dan menjaga performa motor Anda tetap optimal.

Posting Komentar untuk "Tanda-tanda Motor yang Ring Sehernya Rusak"