Jangan Salah, Beginilah Cara Pindah Gigi Mobil Manual yang Benar

Cara Pindah Gigi Mobil Manual
Image Source : pindahlubang.com

Otosera - Sahabat otomotif, cara pindah gigi mobil manual tentunya berbeda dengan mobil matic.

Jika pada mobil matic para pengendara hanya perlu memindahkan ke 'D', 'L', atau '1' serta sistem transmisinya bisa menyesuaikan secara otomatis dengan posisi gigi dan kecepatan, maka pada mobil manual tentunya berbeda.

Saat akan mengemudikan mobil manual, maka para pengendara harus bisa menyesuaikan perpindahan gigi dengan laju kendaraan dan juga putaran mesin.

Karena perpindahan gigi yang dilakukan dengan tidak sesuai, tentunya bisa menyebabkan kerusakan transmisi, khusunya pada bagian plat kopling.

Perpindahan Gigi Harus Dilakukan dengan Sesuai

Cara Pindah Gigi Mobil Manual
Image Source : harapanrakyat.com

Perpindahan gigi sejatinya harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada saat berkendara. Jika melintas di jalanan datar, idealnya rpm berada pada rentang 2.000 - 3.000 rpm.

Namun pada kondisi tertentu terutama pada saat melintasi tanjakan, perpindahan gigi pada putaran tinggi tetap bisa dilakukan karena mobil membutuhkan torsi dalam jumlah yang besar.

Lantas, kapan sebaiknya gigi 1, gigi 2, gigi 3, gigi 4, dan gigi 5 digunakan pada saat berkendara dengan menggunakan mobil manual? Berikut adalah penjelasannya!

Tata Cara Pindah Gigi Mobil Manual dan Waktu Penggunaannya

Cara Pindah Gigi Mobil Manual
Image Source : lifepal.co.id

Gigi 1 biasanya digunakan pada rentang kecepatan 0 - 20 km/jam. Dengan demikian, saat tuas transmisi berada pada posisi gigi 1, mobil bisa berada dalam kondisi diam hingga batas kecepatan maksimal 20 km/jam.

Pada gigi 2, biasanya digunakan untuk meningkatkan kecepatan pada mobil. Anda juga bisa memindahkan gigi 1 ke gigi 2 pada rentang kecepatan 15 km/jam sampai 35 km/jam.

Semakin tinggi kecepatannya, posisi gigi juga harus dinaikkan. Saat mobil melaju dengan kecepatan 30 km/jam sampai 60 km/jam, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan gigi 3.

Sementara untuk gigi 4 digunakan pada saat mobil melaju dengan kecepatan 50 km/jam sampai 80 km/jam. Pada umumnya, gigi 4 sering digunakan saat berada di jalan tol. Karena batasan kecepatan saat berada di jalan tol yakni sekitar 60 km/jam sampai 80 km/jam.

Yang terakhir untuk gigi 5. Gigi 5 bisa digunakan pada saat mobil melaju pada rentang kecepatan 80 km/jam ke atas. Jangan lupa juga untuk tetap menyesuaikan perpindahan gigi saat kecepatannya mulai berkurang.

Itulah cara pindah gigi mobil manual yang mungkin bisa Anda lakukan. Cara pindah gigi mobil manual dengan mobil matic tentunya berbeda. Jadi, Anda harus pandai ya dalam menyesuaikannya.

Posting Komentar untuk "Jangan Salah, Beginilah Cara Pindah Gigi Mobil Manual yang Benar"