3 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat HP

Cara Cek Pajak Kendaraan
Image Source : lifepal.co.id

Otosera - Ada banyak sekali cara cek pajak kendaraan motor yang dapat dilakukan. Salah satu caranya yaitu lewat HP yang setiap harinya kita pakai.

Karena kemajuan teknologi yang sangat pesat tentunya memudahkan orang-orang untuk dapat mengakses berbagai macam informasi.

Pengertian Pajak Kendaraan

Cara Cek Pajak Kendaraan
Image Source : kompas.com

Singkatnya, pajak kendaraan merupakan iuran wajib yang harus dikeluarkan oleh setiap orang atas kepemilikan suatu kendaraan baik mobil maupun motor.

Dalam artian, pajak kendaraan sangat wajib untuk diketahui agar biaya pajak dapat dibayarkan sesuai dengan nominal yang ditagihkan.

Karena setiap tahunnya, nominal tagihan pajak bisa saja berbeda. Apalagi sampai telat dalam membayarnya, tentu akan dikenakan denda.

Cara Cek Pajak Kendaraan Via Website

Cara Cek Pajak Kendaraan
Image Source : berita.99.co

Cara cek pajak kendaraan ternyata bisa dilakukan lewat HP via website. Berikut adalah langkah-langkah cara cek pajak kendaraan via website!

  • Buka terlebih dahulu website samsat melalui link berikut
  • Setelah itu, isilah formulir yang telah disediakan seperti: Plat, Nomor Seri, Nomor Rangka, dan Provinsi
  • Jika sudah, klik "Cek Sekarang"
  • Kemudian akan muncul mengenai info dan besaran nominal pajak yang harus dibayar

Cara Cek Pajak Kendaraan Via SMS

Cara Cek Pajak Kendaraan
Image Source : kompas.com

Tidak hanya melalui website saja, namun Anda pun bisa melakukan pengecekan via SMS. Untuk cara pengecekannya dapat dilakukan menggunakan aplikasi SMS Gateway yang dimiliki oleh pihak Samsat.

Perlu diketahui bahwa pengecekan pajak kendaraan via SMS hanya dapat dilakukan untuk kendaraan dengan kode plat B, D, E, F, T, dan Z. Dan berikut adalah langkah-langkah cara pengecekannya!

  • Buka aplikasi pesan bawaan yang ada pada HP
  • Setelah itu, tulislah pesan dengan format Info(Spasi)Kode Plat Kendaraan/Nomor Polisi/Kode Seri Plat Kendaraan(Spasi)Warna Plat Kendaraan. Contoh: Info B/8686/XF Hitam
  • Jika sudah, kirim SMS tersebut ke nomor 08112119211
  • Selanjutnya, Anda akan menerima balasan SMS berupa kode bayar dan info kendaraan serta besaran nominal pajak yang harus dibayar
  • Bayarlah nominal pajak yang tertera melalui transfer rekening dengan memasukkan kode bayar yang telah diberikan melalui SMS
  • Apabila pembayaran telah berhasil dilakukan, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan SMS balasan berupa konfirmasi bahwa pajak kendaraan Anda sudah berhasil dibayar

Meskipun pembayaran pajak telah berhasil dilakukan, tetap saja Anda harus datang ke kantor Samsat untuk mendapatkan pengesahan dan menukarkan struk dengan SKKP.

Cara Cek Pajak Kendaraan Via Aplikasi

Cara Cek Pajak Kendaraan
Image Source : cnnindonesia.com

Dan cara cek pajak kendaraan terakhir yang dapat dilakukan yaitu via aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah cara pengecekannya!

  • Instal terlebih dahulu aplikasi "SIGNAL" pada HP Anda
  • Jika sudah berhasil terinstal, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan data-data pribadi seperti: NIK, Nama Seuai e-KTP, Alamat Email, Nomor HP, dan Kata Sandi
  • Pengguna yang telah melakukan registrasi nantinya akan diarahkan untuk mendaftar kendaraan bermotor
  • Selanjutnya, aplikasi akan memunculkan tampilan informasi secara rinci mengenai biaya dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak

Itulah beberapa cara cek pajak kendaraan motor yang bisa dilakukan. Bagi Anda semua yang saat ini ingin membayar pajak kendaraan namun bingung dalam melakukan pengecekan tagihannya, cara cek pajak kendaraan motor yang telah dijelaskan di atas mungkin bisa menjadi solusi.

Posting Komentar untuk "3 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat HP"