Jangan Sepele! Inilah 4 Hal yang Akan Terjadi Jika Telat Ganti Oli Motor

Oli Motor
Ilustrasi Foto Oli Motor

Otosera - Oli motor merupakan salah satu hal yang sangat penting pada motor karena berfungsi sebagai pelumas, pembersih, pelindung, sekaligus pendingin mesin.

Maka dari itu, mengganti oli harus dilakukan secara berkala untuk perawatan agar motor dapat terus terjaga kualitasnya.

Karena jika tidak, ada banyak sekali dampak buruk yang akan ditimbulkan jika oli motor telat diganti bahkan sangat jarang sekali untuk diganti. Dan berikut 4 hal yang akan terjadi jika Anda telat mengganti oli motor.

1. Mesin Menjadi Kering

Mesin menjadi kering merupakan salah satu hal yang akan terjadi jika oli motor telat diganti karena mesin motor tidak terlumasi dengan baik.

Mesin motor yang tidak terlumasi dengan baik tentunya akan membuat kinerja mesin jadi lebih berat. Dalam waktu lama, tentu mesin akan mengalami kerusakan dan penurunan kinerja.

2. Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Oli motor yang telat diganti atau jarang diganti biasanya sering ditandai dengan bahan bakar yang jauh lebih boros daripada biasanya.

Hal ini juga karena mesin yang kering akan membuatnya bekerja lebih ekstra dan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

3. Adanya Getaran Pada Mesin

Hal lain yang akan terjadi selanjutnya yaitu adanya getaran pada mesin. Suara dan getaran yang diciptakan mesin tentu akan membuat rasa yang tidak nyaman pada saat berkendara.

Hal ini karena mesin yang sudah kering akan menimbulkan gesekan di dalam mesin menjadi lebih besar. Maka dari itu, jangan pernah telat mengganti oli motor ya.

4. Mesin Jadi Panas

Selain memiliki fungsi sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendingin. Jika tidak diganti dalam waktu yang kurun lama, maka ini dapat menyebabkan mesin jadi overheating.

Mesin overheating tentunya dapat membuat pengendara sering merasa panik, belum lagi jika ada kerusakan lain yang terjadi di tengah jalan.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi jika oli motor telat diganti. Jika tidak ingin hal buruk terjadi pada motor, lakukan penggantian oli secara rutin ya!

Posting Komentar untuk "Jangan Sepele! Inilah 4 Hal yang Akan Terjadi Jika Telat Ganti Oli Motor"